Penggunaan media hasil teknologi
baru di dalam kelas, akan berakibat proses pembelajaran Dehumanisasi.
Dehumanisasi adalah manusia
tergantikan oleh teknologi dalam pembelajaran di kelas. UU no 14 tahun 2005
tentang Guru dan Dosen Bahwa kedudukan guru sebagai tenaga professional
berfungsi untuk meningkatkan martabat dan peran guru sebagai agen pembelajaran,
pengembang ilmu pengetahuan, seni, teknologi dan mengabdi di masyarakat.
Faktor yang
mempengaruhi kegagalan prestasi belajar siswa:
- Intelegensi rendah
- Motivasi belajar rendah
- Minim media pembelajaran
Media???
Media adalah segala sesuatu yang
dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga
dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat serta pembelajaran akan
tercapai.
Fungsi Media
Sarana untuk mendorong motivasi
belajar, memperjelas, mempermudah konsep yang kompleks dan abstrak menjadi
lebih sederhana, konkrit serta mudah dipahami.
Media Pembelajaran : untuk mempertinggi daya serap anak
terhadap materi pembelajaran.
Kontribusi Media dalam proses pembelajaran
- Penyampaian pesan pembelajaran dapat lebih terstandar
- Pembelajaran dapat lebih menarik
- Pembelajaran menjadi lebih interaktif dengan menerapkan teori belajar
- Waktu pelaksanaan pembelajaran dapat di perpendek
- Proses pembelajaran dapat berlangsung kapanpun dan dimanapun diperlukan
- Sikap positif siswa terhadap materi dan proses pembelajaran dapat ditingkatkan
1.
Konsep :
Tujuan, Identifikasi audience, Macam aplikasi, Tujuan aplikasi, Spesifikasi umum.
2.
Design :
Spesifikasi rinci, Arsitektur proyek, Gaya dan Kebutuhan material, Penyusunan satuan pelajaraan, Pembuatan story
board, flowchart.
3.
Material collecting : Pengumpulan image, text, audio, video, bahan ajar,
clipart, animasi dll.
4.
Assembly : Pembuatan keseluruhan Media
Pembelajaran.
5.
Testing : Percobaan
secara modular sesuai yang diinginkan.
6.
Distributor :
Packaging (CD)
Memiliki Karakteristik sebagai berikut :
§
Flexsible :
Bisa dibawa kemana saja
§
Self spacing :
Memberi kesempatan bagi siswa untuk belajar sesuai dengan kecepatannya memahami materi
§
Content rich :
Memberi informasi yang kaya dari maupun media
§
Interaktif :
Memberi resepsi dan stimulasi
Dasar Pertimbangan :
a.
Tujuan instruksional yang ingin dicapai
b.
Karakteristik siswa
c.
Mendukung isi pembelajaran
d.
Keadaan latar belakang lingkungan
e.
Jangkauan yang ingin dicapai
f.
Kualitas baik
Karakteristik Siswa SD
- Senang bermain
- Senang bergerak
- Senang bekerja dalam kelompok
- Senang merasakan atau melakukan sesuatu secara langsung
- Sulit memahami suara orang lain
- Senang memperhatikan
- Senang meniru
Fakta-fakta yang ada dalam implementasi Multimedia di SD
- Siswa Antusias
- Guru lebih kreatif
- Motivasi siswa meningkat
- Interaktif
- Hasil belajar meningkat
- Situasi pembelajaran lebih hidup
0 komentar:
Posting Komentar