Rabu, 16 September 2015

Rangkuman Media Pembelajaran



Penggunaan media hasil teknologi baru di dalam kelas, akan berakibat proses pembelajaran Dehumanisasi.

Dehumanisasi adalah manusia tergantikan oleh teknologi dalam pembelajaran di kelas. UU no 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen Bahwa kedudukan guru sebagai tenaga professional berfungsi untuk meningkatkan martabat dan peran guru sebagai agen pembelajaran, pengembang ilmu pengetahuan, seni, teknologi dan mengabdi di masyarakat.

Faktor yang mempengaruhi kegagalan prestasi belajar siswa:

  •  Intelegensi rendah

  • Motivasi belajar rendah

  •  Minim media pembelajaran

Media???

Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat serta pembelajaran akan tercapai.

Fungsi Media 

Sarana untuk mendorong motivasi belajar, memperjelas, mempermudah konsep yang kompleks dan abstrak menjadi lebih sederhana, konkrit serta mudah dipahami.

Media Pembelajaran : untuk mempertinggi daya serap anak terhadap materi pembelajaran.

Kontribusi Media dalam proses pembelajaran 

  •  Penyampaian pesan pembelajaran dapat lebih terstandar
  •  Pembelajaran dapat lebih menarik
  • Pembelajaran menjadi lebih interaktif dengan menerapkan teori belajar
  • Waktu pelaksanaan pembelajaran dapat di perpendek
  • Proses pembelajaran dapat berlangsung kapanpun dan dimanapun diperlukan
  • Sikap positif siswa terhadap materi dan proses pembelajaran dapat ditingkatkan
Tahap Pengembangan Media Pembelajaran
 
1.       Konsep                                 : Tujuan, Identifikasi audience, Macam aplikasi, Tujuan aplikasi,                                                 Spesifikasi umum.        
2.       Design                                  : Spesifikasi rinci, Arsitektur proyek, Gaya dan Kebutuhan material,                                                 Penyusunan satuan pelajaraan, Pembuatan story board, flowchart.
3.       Material collecting             : Pengumpulan image, text, audio, video, bahan ajar, clipart, animasi dll.
4.       Assembly                            : Pembuatan keseluruhan Media Pembelajaran.
5.       Testing                                 : Percobaan secara modular sesuai yang diinginkan.
6.       Distributor                          : Packaging (CD)

Memiliki Karakteristik sebagai berikut :

§  Flexsible             : Bisa dibawa kemana saja
§  Self spacing       : Memberi kesempatan bagi siswa untuk belajar sesuai dengan kecepatannya                                     memahami materi
§  Content rich      : Memberi informasi yang kaya dari maupun media
§  Interaktif            : Memberi resepsi dan stimulasi

Dasar Pertimbangan :

a.       Tujuan instruksional yang ingin dicapai
b.      Karakteristik siswa
c.       Mendukung isi pembelajaran
d.      Keadaan latar belakang lingkungan
e.      Jangkauan yang ingin dicapai
f.        Kualitas baik

Karakteristik Siswa SD
  1. Senang bermain 
  2. Senang bergerak
  3. Senang bekerja dalam kelompok
  4. Senang merasakan atau melakukan sesuatu secara langsung
  5. Sulit memahami suara orang lain
  6. Senang memperhatikan
  7. Senang meniru
Fakta-fakta yang ada dalam implementasi Multimedia di SD 


  •  Siswa Antusias
  •  Guru lebih kreatif
  • Motivasi siswa meningkat
  • Interaktif
  • Hasil belajar meningkat
  • Situasi pembelajaran lebih hidup

0 komentar:

Posting Komentar